1.
Berikan
penjelasan mengenai pengertian Interaksi Manusia & Komputer
2.
Apa
yang mendasari munculnya mata kuliah IMK ?
3.
Jelaskan
tentang disiplin ilmu apa saja yang terlibat dalam IMK & Jelaskan
keterlibatannya !
4.
Berikan
kesimpulan mengenai apa itu IMK berdasarkan no 2 & no 3
Jawaban !
1.
Interaksi manusia dan komputer (bahasa Inggris: human–computer interaction, HCI) adalah disiplin ilmu
yang mempelajari hubungan antara manusia
dan komputer yang meliputi
perancangan, evaluasi, dan implementasi antarmuka pengguna komputer agar mudah digunakan oleh manusia.
2.
Interaksi Manusia dan Komputer adalah sebuah disiplin ilmu yang
mempelajari perancangan, implementasi dan evaluasi sistem komputasi interaktif
dan berbagai aspek terkait. Dari perspektif ilmu komputer , fokus IMK adalah
pada interaksi , khususnya interaksi antara satu atau lebih manusia ( sebagai
pengguna komputer ) dengan satu atau lebih mesin komputasi ( komputer ). Dan
karena itulah IMK berkembang sebagai disiplin ilmu yang membahas hubungan
timbal balik antara manusia – komputer beserta efek-efek yang terjadi
diantaranya.
3. a. Ilmu komputer Membahas
tentang perancangan aplikasi dan rekayasa / perancangan antarmuka untuk dapat
digunakan oleh manusia dengan mudah. Dalam hal ini menyangkut pemilihan
program bantu pendukung, bahasa pemrograman, teknik pemrograman, serta bidang
ilmu komputer lain seperti pengolahan bahasa alami, struktur data, basis data,
dan lain-lain.
b. Psikologi Membahas tentang penerapan teori proses
kognitif dan analisis empiris tantang perilaku pengguna. Di atas telah
disebutkan bahwa kita selalu berharap agar program aplikasi yang kta susun
dapat dimanfaatkan oleh pengguna lain. Setiap pengguna mempunyai sifat yang
berbeda satu sama lain sehingga perancang sistem interaksi manusia-komputer
juga harus mempelajari aspek psikologi pengguna untuk dapat memahami bagaimana
pengguna dapat menggunakan sifat dan kebiasaan baiknya, menggunakan persepsi
dan pengolahan kognitif serta ketrampilan motorik yang dimilikinya agar dapat
menjodohkan mesin dengan manusia untuk mendapatkan kerja sama yang serasi.
Psikologi eksperimental menyediakan dasar teknik evaluasi formal untuk mengukur
unjuk kerja dan opini terhadap sistem manusia-komputer.
c. Antropologi dan Sosiologi Membahas tentang interaksi
antara teknologi, kerja, dan organisasi. Seperti diketahui, interaksi sangat
dipengaruhi oleh teknologi yang digunakan (misalnya dalam sebuah kantor). Di
sisi lain, antropologi juga dapat memberikan pandangan mendalam tentang cara
kerja berkelompok yang masing-masing anggotanya diharapkan dapat memberikan
kontribusi sesuai dengan bidang masing-masing. Sosiologi berkaitan dengan studi
tentang pengaruh sistem manusia-komputer dalam struktur sosial. Adanya
kekhawatiran sementara orang tentang akan di PHK-nya mereka atau
disingkirkannya mereka dari kantor mereka karena adanya otomatisasi kantor
sering menjadi bahan yang menarik untuk didiskusikan.
d. Perancangan Grafis dan Tipografi Ada kata bijak yang
mengatakan bahwa “sebuah gambar dapat bermakna sama dengan seribu kata”. Dalam
dunia komputer, kata ini dapat diartikan bahwa gambar dapat digunakan sebagai
sarana dialog yang efektif antara manusia dengan koputer. Keahlian merancang
grafik dan tipografi menjadi salah satu junci penting untuk menunjang
keberhasilan sistem manusia-komputer. Karena antarmuka yang disusun dapat
menjadi lebih luwes dan ampuh.
e. Teknik Elektronika Berbicara tentang komputer,
khususnya dari sisi perangkat keras, pastilah tidak terlepas dari pembicaraan
tentang teknik elektronika. Dalam bidang inilah kita dapat mempelajari banyak
sekali aspek yang berhubungan dengan perangkat keras komputer. f. Ergonomik
Saat ini semakin banyak orang yang bekerja di depan terminal komputer untuk
jangka waktu yang cukup lama. Oleh sebab itu untuk pengguna yang demikian perlu
dipersiapkan meja kerja yang nyaman, untuk menghindari kemungkinan adanya
kecelakaan, naik ringan maupun berat. Ergonomik berhubungan dengan aspek fisik
untuk mendapatkan lingkungan kerja yang nyaman. Bentuk fisik meja dan kursi
kerja, layar tampilan, bentuk papan ketik, posisi duduk, pengaturan lampu,
kebersihan tempat kerja, dan beberapa aspek lain sangat berpengaruh pada
kenyamanan lingkungan kerja. Meski sifat seorang pengguna dengan pengguna lain
berbeda, tetapi mereka pasti menginginkan adanya lingkungan kerja yang nyaman
ketika mereka bekerja dengan komputer.
g. Linguistik Pada saat kita menggunakan komputer,
seolah-olah kita sedang melakukan dialog dengan komputer yang ada di hadapan
kita. Untuk dapat melakukan dialog, kita memerlukan sarana komunikasi yang
memadai. Sarana komunikasi ini berbentuk suatu bahasa khusus, misalnya bahasa
grafis, bahasa alami, bahasa menu ataupun bahasa perintah. Linguistik merupakan
cabang ilmu pengetahuan yang mempelajari bahasa. Beberapa aspek seperti
komputasi linguistik dan teori bahasa formal membentuk bidang khusus dalam ilmu
komputer. Sarana komunikasi inilah yang akan mengarahkan pengguna ketika ia berurusan
dengan komputer.
h. Perancangan Industri Membahas tentang produk-produk
interaktif. Dengan semakin berkembangnya teknologi layar tampilan, penggunaan
layar sentuh menjadi semakin populer. Penggunaan layar sentuh, beserta
teknologi di belakangnya, telah menjadi bahan kajian yang menarik. Saat ini,
selain layar sentuh, layar sentuh banyak (multi-touch screen) juga semakin
banyak digunakan.
4. Jadi IMK itu adalah
disiplin ilmu yang memfokuskan pada interaksi antara manusia dan komputer, dan mememiliki 8
disiplin ilmu yang setiap isinya terdapat makna yang berbeda salah satu isinya
adalah Ilmu komputer Membahas
tentang perancangan aplikasi dan rekayasa / perancangan antarmuka untuk dapat
digunakan oleh manusia dengan mudah
TiGAR Technology, LLC. :: titanium mesh | TITaniumArt
BalasHapusTiGAR Technology, LLC. TITanium Art. The titanium nitride coating unique snow peak titanium product of titanium steel. where can i buy titanium trim Made with genuine benjamin moore titanium titanium steel. These can provide your customized personalized pure titanium earrings