Pada
dunia pendidikan termasuk di Indonesia, komputer sudah diperkenalkan dan
digunakan pada sekolah-sekolah dari pendidikan dasar sampai tingkat perguruan
tinggi. Bahkan untuk pendidikan di kota-kota besar komputer sudah diperkenalkan
sejak anak-anak berada di taman kanak-kanak atau play group untuk
bermain atau games. Selain digunakan sebagai alat pembelajaran yang
interaktif, komputer juga bersifat audiovisual untuk memudahkan proses
pembelajaran itu sendiri. Komputer juga memberi kemudahan dalam mencari dan
menghasilkan bahan-bahan pembelajaran secara efektif dan efisien yaitu dengan
adanya perpustakaan elektronik (e-library). Selain itu banyak peralatan
laboratorium yang dilengkapi dengan komputer sehingga alat tersebut dapat
bekerja lebih teliti dan presisi, serta dapat mengatasi kendala hambatan indra
manusia, dan digunakan sebagai simulasi.
Menurut
pendapat Robert Taylor, peranan komputer dalam pendidikan dibagi menjadi 3
bagian yaitu tutor, tool dan tutee. sebagai tutor, komputer berperanan sebagai
pengajar melalui pendekatan pengajaran berbantukan komputer. Penggunaan
komputer sebagai alat pembelajaran dikenal sebagai CBE (Computer Based
Education).
Sebagai
tool, komputer menjadi alat untuk memudahkan proses pengajaran dan pembelajaran
seperti konteks pengajaran berintergrasikan komputer. Komputer juga digunakan
untuk melakukan pengolahan data proses pembelajaran, seperti pengolahan data
nilai siswa, penjadwalan, beasiswa, dan sebagainya. Sebagai tutee komputer
berperanan sebagai alat yang diajar, sebagai alat dialog dengan komputer yang
biasa disebut dengan CAI (Computer Assist Instruction).
Tidak ada komentar:
Posting Komentar